Petualangan Arion : Ke Singapura Naik Penguin (2)

Hari Minggu, 1 Juli 2007

penguin10.jpg

07.45 – Arion telat bangun !!

Beginilah akibatnya kalau jam 3 pagi baru tidur. Sebenarnya saya sudah meminta morning call, tapi berhubung terlalu capek, saya sama sekali tidak mendengar suara telepon. Belakangan baru saya sadar bahwa volume telepon di kamar hotel ini sangat kecil. Cepat-cepat mandi dan kabur ke MRT station. Salah satu masalah saya adalah tersesat. Saya mudah sekali tersesat, sekali ini, saya tidak ingat bagaimana ke MRT station Lavender. Payah ! Sudah hampir telat, masih pake acara tersesat. Setelah bertanya pada berbagai orang, akhirnya saya sampai juga di stasiun.

08.40 – Arion tiba di Raffles Convention Centre

Begitu masuk gedungnya, saya pun bingung mau ke mana. Untungnya, sudah banyak kaum ‘geeks’ di situ, saya ikut saja di belakang beberapa orang beberapa orang berkacamata yang kebanyakan membawa laptop, mengenakan baju agak usang yang berkesan ala kadarnya, dan celana jins. Hihihi betul saja, semuanya mengarah ke ballroom tempat symposium diadakan. Symposium ini diadakan oleh National University of Singapore’s Institute of Mathematical Science, bersyukur banget karena boss saya bisa mensponsori saya ke sini. Thank you, boss ! ^^

09.00 – Symposium dimulai.

Tepat seperti dugaan saya, symposium ini memang keren banget. Biasanya kalau disuruh ke seminar dan sebagainya saya memilih duduk di tempat yang ‘aman’ supaya tidak terlalu ketahuan kalau tertidur, tapi tidak di sini. Mata saya terbuka lebar biarpun kurang tidur. Semua pembicaranya adalah ahli computer science dan matematika yang berkecimpung di dunia computer graphics dan digital media. Diskusi-diskusi mengenai penggunaan model matematika dalam computer graphics disuguhkan dengan sangat mengena dan tidak membosankan. Dari masalah-masalah dalam terrain rendering, Euler’s elastica inpainting untuk koreksi gambar, denoising, hingga metode baru dalam compressions. Acara diakhiri dengan dialog terbuka bersama para matematikawan dan saintis komputer. Symposium dibubarkan pada pukul 17.30.

— Intermezzo : Snacks di symposium —
Di daerah ini, makanan mahal-mahal. Karena keterbatasan dana, Arion memutuskan untuk tidak makan siang hari itu. Huehehehe , ada dua coffee breaks di mana snacks dihidangkan gratis. Arion punya strategi yang sangat jenius: makan yang banyak saat break supaya tidak perlu makan waktu makan siang ^^, pintar kan?

Betul juga, snacknya enak-enak! Ada muffins, curry puffs, dan waktu coffee break sorenya ada roti abon dan ha kau ! Langsung saja si Arion mengambil sepiring penuh ha kau dan makan, nyam .. nyam .. nyam .. enak sekali (gratis lagi).

— Intermezzo lagi : Arion Berpikir —
Di sana, saya melihat banyak sekali mahasiswa, dan juga siswa sekolah menengah yang hadir dan antusias mendengarkan dan bertanya. Symposium dengan topik yang boleh dibilang cukup berat ini bisa penuh. Sesuatu yang sangat jarang saya lihat di Jakarta, atau setidaknya di tempat saya bekerja.

Kalau ada sesuatu yang kurang dari college tempat saya bekerja saat ini, di samping masalah gedung kurang besar atau masalah lain yang sebenarnya tidak banyak hubungannya dengan kualitas pendidikan, itu adalah kurangnya antusias pengajar dan juga pelajarnya dalam hal mengeksplorasi ilmu 😦 . Terkadang saya merasa, saya bukan sedang mengajar di college, tapi bekerja di pabrik. Pengajar cuma menjalankan mesin yang mencetak satu demi satu wisudawan. Setelah itu, ya sudah. Itu produk kami, itulah hasil akhir. Tentu saja belakangan ini, memang banyak perubahan ke arah yang lebih baik.

Mudah-mudahan di masa depan, college ini bukan cuma mesin pencetak sarjana, tapi knowledge centre. Saya cukup bangga dengan prestasi akademik para alumni dan mahasiswa/i di sini, banyak di antara mereka juga sangat pandai, sayang sekali kalau cuma duduk di kelas, membuat tugas, dan tidak banyak pengharapan lain selain untuk lulus. 😦 Adalah suatu kesalahan, kalau ada yang mengira, seseorang disebut sarjana karena kertas yang dimilikinya.

17.40 – Symposium selesai, Arion ke stasiun MRT dan menelepon Mr Antonius.

Siapakah Mr Antonius (nama sebenarnya) ini? Dia adalah orang yang bertanggung jawab atas masuknya saya di college ini, tentu saja dia bukanlah satu-satunya orang yang bersalah atas ‘kekeliruan kecil’ ini, ada juga RS dan AR.

Mr Antonius ini sekarang bekerja dan berdomisili di Singapura. Kami pun memutuskan untuk bertemu di stasiun MRT Orchard pada pukul 19.30. Mr Antonius juga memanggil para alumni college yang sekarang berdomisili di Singapura, Wirya beserta istrinya, dan Zaw Htet. Saya tidak pernah mengajar Wirya dan istrinya tapi mereka meluangkan waktu juga untuk bertemu dengan saya, jadi terharu ^^.

19.45 – Semuanya bertemu di Orchard dan kami makan malam bersama sambil berbincang-bincang. Mereka titip salam buat semua orang di Jakarta.

— Gangguan lagi nih —-
Untuk semua yang di Singapura: Terimakasih banyak, dan good luck !!

21.00 – Arion kembali ke hotel.

Mandi (ternyata tetap saja tidak ada air panas, ya sudahlah, apa boleh buat), kemudian saya tertidur pulas …. Keesokan hari saya sudah harus pulang ke tanah air.

bersambung ke Petualangan Arion : Oh Hang Nadim ! (TAMAT)

I’d like to acknowledge whoever made this penguin picture as I’ve lost the source, my apology.

3 thoughts on “Petualangan Arion : Ke Singapura Naik Penguin (2)

  1. Richard says:

    Okayss… This is a written proof that Arion can actually think. A really valuable piece of history. Let’s make sure wordpress have its server backed-up well..

  2. nebulousarion says:

    Ya see, this is the reason why I always kept my profile garfield-like ! Karena ada orang-orang kayak Richard yang ngga percaya kalau Arion itu sebenarnya bisa mikir 😦

Leave a Reply

